Senin, 15 Agustus 2011

Workshop Menulis Kreatif



Sabtu hingga minggu (9 & 10 juli 2011) lalu, sebanyak tiga komunitas perwakilan dari Teens Go Green, Transformasi Hijau dan Jerami tampak meramaikan kantor Yayasan Air Putih di Sekretariat Kompleks Perumahan Depdikbud Kav. B5-20, JL. Pejaten Raya, Kel. Pejaten Barat, Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kedatangan mereka adalah dalam rangka mengikuti Workshop Menulis Kreatif yang di fasilitasi oleh Teens Go Green bersama dengan Salma Indria Rahman dari RumahPohonActivity. Tujuannya agar peserta workshop ini nantinya memiliki kemampuan menangkap fenomena dan menuliskan artikelnya serta bagaimana cara mengemas informasi agar dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, kemudian mempublikasikannya ke media komunitasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Teens Go Green (TGG), Transformasi Hijau (TRASHI), dan JERAMI (Jejak Ramah Bumi) yang dipilih sebanyak 15-20 anak berdasarkan sistem seleksi tulisan. Workshop ini digelar untuk memberikan peningkatan kapasitas bidang menulis, komunikasi, dan riset untuk mendukung verifikasi data yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan populer sehingga upaya penyampaian pesan dapat dipertanggung jawabkan. Agar nantinya bisa sharing informasi dan membentuk jaringan sistem informasi antar komunitas.

Materi workshop yang diberikan lebih banyak diskusi dan praktek membuat tulisan jurnalistik. Penting sekali membekali materi diskusi dan praktek ini, karena rata-rata peserta tidak percaya diri untuk membuat dan mempublikasikan tulisannya. Mereka pun juga diarahkan bagaimana menangkap fenomena yang bisa dianggap sebagai berita, kemudian menuliskannya menjadi sebuah artikel. Dan hasil yang diharapkan dari workshop ini adalah peserta mampu membuat satu tulisan populer dengan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga di akhir acara sebagai tindak lanjut kegiatan, peserta akan diberikan sebuah tugas untuk membuat satu tulisan dengan tema/isu sesuai dengan perwakilan komunitas masing-masing. Kedepan seperti semangat yang ditunjukkan para peserta, mereka akan membuat media penyalur kreativitas hasil dari tulisan komunitas mereka, agar apa yang mereka lakukan bisa diketahui orang lain serta masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar