Kamis, 09 Juni 2011

Piknik Sambil Beramal di Taman Kota

Tradisi Mendongeng merupakan bagian dari kebiasaan orangtua kita pada saat kita menjelang tidur, mereka biasanya menceritakan kita beraneka kisah yang penuh dengan imajinasi dan juga tentunya mengandung pesan moral di setiap kisah yang mereka bacakan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini tradisi itupun kian lama kian pudar bahkan sangat langka dijumpai disetiap keluarga, kini tidak banyak lagi, orangtua sekarang yang meninabobokkan dengan dongeng pengantar sebelum anak-anak mereka tidur. Banyak alasan yang melatari mengapa mereka meninggalkan kebiasaan tersebut, sebut saja kesibukan para orang tua dengan pekerjaanya yang tak ayal membuat mereka pulang larut malam atau lembur atau bahkan para orang tua sekarang tidak menganggap dongeng sebagai sebuah sarana efektif pembelajaran untuk anak-anaknya malah tergantikan dengan video games, playstation, handphone, dsb.

Padahal menurut Para Ahli Pendidikan Anak ataupun Pakar Psikologi Anak, Dongeng justru dianggap sebagai salah satu media yang cukup efektif dalam membangun karakter, kepribadian maupun kecerdasan anak. Melalui media dongeng dapat ditanamkan nilai kejujuran, percaya diri, sopan santun, setia kawan, tanggung jawab dan sebagainya. Jadi melalui media dongeng yang dilakukan sebelum anak tidur akan dapat secara efektif menanamkan nilai keluhuran, membuat rasa tenang serta menumbuhkan solidaritas sosial kepada sang anak.

Nah didasari keinginan untuk memasyarakatkan tradisi mendongeng secara edukatif itulah maka Kak Salma Indria Rahman beserta teman2 dari komunitas RumahPohonActivity mengadakan kegitan DONASI BONEKA JARI dengan tema ''Piknik Sambil Beramal di Taman Kota" Acara yang berlangsung di Taman Suropati, Menteng pada hari minggu tanggal 22 Mei 2011 kemarin, DONASI BONEKA JARI merupakan salah satu Agenda RumahPohonActivity yang sudah berjalan sejak November 2010 hingga skrg, yaitu penggalangan dana untuk kawasan bencana di Indonesia.

Sebelumnya acara ini di share melalui Facebook dan milis dan tak disangka antusias masyarakat cukup banyak, ini dilihat dari banyaknya perorangan, orangtua, bahkan komunitas yang datang untuk ikut serta dalam kegiatan ''Piknik Sambil Beramal di Taman Kota'', dan Komunitas yang hadir pada saat itu beberapa diantaranya adalah Pihak penyelenggara sendiri yaitu RumahPohonActivity, KEHATI, Teens Go Green (TGG), dan Transformasi Hijau (TRASHI) tentunya.

Disana peserta yang datang diajarkan untuk membuat media dongeng yaitu Sebuah Boneka. Boneka disini bukan sembarang boneka loh..!! Melainkan sebuah Boneka Jari, nah lho kok jadi serem ya bayanginya (jangan-jangan bonekanya terbuat dari jari lg) iiiih takut :((

Tapi ternyata bukan kok, hehe.. Hmmm.. penasaran bukan bentuknya seperti apa??
Oooh.. ternyata boneka Jari adalah boneka yang terbuat dari kain Planel yang aman digunakan, tidak mudah robek  dan tentunya mudah dibentuk.

Dan cara membuatnya pun sangatlah mudah, terlebih dahulu kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat boneka jari, beberapa diantaranya adalah :

* Kain Planel beraneka warna
* Jarum Jahit
* Benang warna-warni
* Lem perekat/ Lem UHU
* Mata tempelan
* Dan gunting

Proses pembuatanya pun tinggal kita membuat pola dari kain planel dibentuk sesuai dengan apa yang kita ingin buat. Contohnya aneka satwa seperti, jerapah, buaya, harimau atau satwa lainya, setelah itu kita buat juga pola anggota tubuhnya seperti, kuping, tanduk, duri-duri, dsb.

Kemudian kita potong menggunakan gunting, sesuai dengan pola yang sebelumnya telah kita buat terlebih dahulu dan jangan lupa kita buat masing-masing sepasang ya.., kan namanya boneka jari jadi boneka tersebut kita mainkan menggunakan jari. Maka dari itu kita membutuhkan rongga/lubang untuk memasukkan jari kita ketika memainkan boneka tersebut.

Lalu, kita masukkan benang jahit ke dalam jarum, kemudian kita satukan sepasang pola yang telah kita bentuk dan potong sebelumnya, samakan sisi-sinya kemudian kita jahit pada setiap tepi/sisinya hingga menyatu menggunakan teknik menjahit 'Tusuk Peston' jahit seluruh bagian tepinya namun sisakan bagian bawahnya tetap berongga.

Setelah itu siapkan potongan bagian anggota tubuh dari satwa yang kita ingin buat lalu rekatkan dengan lem perekat atau jahit dengan benang.
Setelah itu sisa-sisa dari guntingan kain planel yang sebelumnya kita buat pola tersebut kita satukan, lalu kita isi kedalam boneka jari yang hampir selesai tersebut, jangan lupa isikan hanya dibagian atas/kepala boneka saja.
Kemudian kita siapkan mata tempelan, lalu kita mulai menjahit setiap bagian mata tersebut hingga membentuk mata yang sempurna sesuai jenis satwa yang kita inginkan kemudian jahit kembali lalu kunci dengan jahitan mati.

Dan tahap finishingnya, kita tinggal menggunting sisa-sisa benang yang masih menempel pada setiap bagian boneka tersebut untuk merapihkan tampilan boneka jari yang telah kita buat itu, dan.. VOALLA jadilah Boneka jari JUKI&FRIENDS beraneka warna dan bentuk, lucu-lucu dan menggemaskan bukan??

Karena keasyikan membuat boneka ''JUKI&FRIENDS'' tersebut kita semua jadi ga sadar, kalo cuaca sudah mendung dan tiba-tiba hujan turun cukup deras mengguyur kita semua yang sedang larut dengan imajinasi boneka jari kita masing-masing, alhasil kita mau ga mau harus berpindah tempat ke lokasi yang aman agar tak terkena guyuran hujan dan dikarenakan tidak cukup banyak tempat berlindung maka mau ga mau deh kita semua berteduh di pos jaga polisi dan gak taunya pos polisi itupun sudah penuh dengan pengunjung taman yang ikut berteduh juga yasudah kita berbagi tempat juga dengan mereka dan kita semua kebagian berteduh di depan toilet, hadooooh kebayang dunk baunya dan pastinya gak nyaman juga berlama-lama disana, untungnya hujanpun tak lama kemudian berhenti dan kita bisa memulai meneruskan kembali membuat kreasi boneka jari yang lainya. Dan lagi-lagi hujan kembali turun mengguyur kita semua akhirnya kita berteduh lagi deh ditempat tadi, "huuuh payah nie cuacanya tidak CS'an dengan kegiatan kita hari ini " Celetuk salah satu peserta dari komunitas Teens Go Green. Hehe.. ternyata semua peserta yang datang sangat bersemangat membuat boneka jari ini sampai-sampai berkata demikian.

Dan dikarenakan cuaca yang tak bisa diprediksi demikian itulah maka panitia memutuskan untuk menyudahi kegiatan Piknik Sambil Beramal di Taman Kota, terlihat banyak peserta yang kecewa bahkan teman-teman media yang ikut meliput kegiatan ini pun juga terlihat kecewa, karena kan semestinya  setelah sesi membuat boneka jari selesai, kita mulai berdongeng dengan hasil karya boneka jari kita masing-masing.

Tapi tidak mengapa karena selanjutnya RumahPohonActivity beserta Kak Salma Indria Rahman menjelaskan kepada para peserta bahwa bahwa kegiatan hari ini tak berhenti sampai disini karena masih ada kegiatan berikutnya yaitu DONGENG BULANAN 'Juki&friends' yang nantinya akan dilaksanakan di Rumah Pintar Baiturrahman
Jl. Mesjid Arrohma No.9, Pondok Melati (belakang komplek Wisma Kusuma Indah-500 meter dari Pondok Gede Plaza)
Bekasi, Indonesia pada Hari Minggu, tanggal 29 Mei 2011 mendatang. Bagi teman-teman yang ingin ikutan bisa join di RumahPohonActivity atau add Kak Salma Indria Rahma di Facebook dan tanya-tanya mengenai kegiatan yang akan datang kepada dia.

Ooh iya Donasi yang kita berikan sebesar 15 ribu rupiah untuk membuat boneka jari tersebut akan disalurkan untuk kawasan bencana, desa terpencil, kawasan urban, rumah singgah anak jalanan dan panti asuhan diseluruh Indonesia.
Dan para donatur mendapat satu boneka jari hasil buatan mereka masing-masing sebagai bentuk penghargaan yang yang tulus dari RumahPohonActivity.

Berikut ini adalah foto-foto kegiatan "Piknik Sambil Beramal di Taman Kota" kemarin,

mulai bekreasi :)
Kak Salma sedang memeragakan cara membuat boneka jari kepada para peserta yang datang.
mulai menggunting..
yang rapih ya dek guntingnya, hehe..
serius amat buu...
kak wilda sedang membuat boneka jari berbentuk buaya, tp kok mata dan anggota badanya ga ada ya???
si adik kecil jg tak mau kalah, dia juga tengah asyik memandangi hasil boneka jari milik salah satu peserta.
wauw ada kaki siapa tuh????? hmm.. ternyata kakinya kak wilda hohohoo ;p
Piss kak ^.^v
Sebelum pulang foto2 dulu dunk bareng Boneka Jari masing2 :)
hehe.. ini dia pose ter'imoet' dari Kak Wildasari Hoste ;P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar