Kamis, 09 Juni 2011

BBM'an bersama TREM KOTA


Kawasan kota tua merupakan kawasan Cagar Budaya yang berada ditengah-tengah pusat kota Jakarta yang sudah terkenal sejak masa kedudukan jaman pemerintahan Hindia Belanda atau VOC, yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Bangsa-bangsa Eropa. Dan saat ini kawasan tersebut berubah fungsi menjadi museum yang tak lain merupakan pusat Edukasi Sejarah peninggalan pemerintahan Hindia Belanda sekaligus menjadi pusat keramaian kota.

Dan hari ini tepatnya tanggal 15 Mei 2011, bertempat di Museum Wayang komunitas TRemKOta (Team Relawan Museum dan Kota tua) menyelanggarakan aksi Bersih-bersih museum atau BBM dikawasan kota tua. Acara dimulai tepat pukul 10.00 pagi diawali  dengan pengenalan diri dari masing-masing volunteer. kemudian dilanjutkan dengan aksi mulung sampah bersama di Museum Wayang, setelah itu berlanjut ke Museum Sejarah Jakarta, berlanjut ke Museum Keramik tetapi dikarenakan di dalam Museum Keramik sedang ada tamu Kehormatan Negara maka aksi tersebut hanya dilakukan disekitar halaman museum, dan sampah yang terkumpul tidak begitu banyak karena memang pada hari ini juga bertepatan dengan 'Car Free Day' atau hari bebas kendaraan bermotor, maka dari pihak Pemda sudah menyediakan team khusus untuk mengangkut sampah.
Maka dari itu kami memutuskan untuk melanjutkan perjalananan aksi bersih ke museum selanjutnya yaitu Museum Bahari. Di dalam Museum Bahari terlihat cukup bersih karena pengunjungnya tidak begitu ramai seperti di museum jakarta. Di karenakan sampah yang didapat tidak begitu banyak maka museum bahari menjadi persinggahan kami terakhir dalam aksi BBM ini.

Meskipun aksi bersih berakhir di Museum Bahari namun kegiatan tidak berakhir ditempat itu, kami masih harus kembali lagi ke Museum wayang untuk perkenalan diri kembali dari masing-masing volunteer yang hadir tepatnya diruang perpustakaan Museum Wayang yang tak lain merupakan kantor dari komunitas TReamKota .Di dalam ruangan ini kami sempat mengenalkan komunitas kami sendiri yaitu TRASHI atau Transformasi Hijau yang memang mempunyai visi dan misi bergerak dibidang lingkungan serta edukasi dibidang lingkungan. Setelah kami mendemonstarikan komunitas TRASHI ternyata respon dari mereka sangat baik dan mereka berminat untuk gabung disetiap acara yang dibuat oleh TRASHI.
Dan pemutaran film diruang film 3D mengenai karakter dari pewayangan di Museum Wayang menjadi agenda kami terakhir...........

Untuk selanjutnya TRemKOta berharap TRASHI memberi informasi seputar kegiatan yang diadakan oleh komunitas Transformasi Hijau berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar