Sabtu, 28 April 2012

Satu Semangat Membangun Negeri Bersama Astra


Kreativitas dan semangat kaum muda untuk melakukan perubahan menginspirasi Astra untuk memberikan penghargaan bagi mereka yang berkarya dan berjuang bagi lingkungannya. Oleh sebab itu Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) menggelar diskusi bersama yang bertempat di The Only One Club FX Plaza lantai lima Jl.Jend.Sudirman pintu 1 senayan, yang bertema "Karya dan Inovasi, Menjadi Inspirasi Membangun Negeri".

Kegiatan diskusi ini merupakan pembukaan SATU Indonesia Award Tahun 2012 yang mengundang semua komunitas yang peduli dengan bangsanya. Serta terus berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat dan membawa semangat perubahan menuju Indonesia yang lebih baik.
Di kegiatan diskusi ini juga dihadiri beberapa pemenang Satu Indonesia Award tahun sebelumnya, yakni Andi Taufan Garuda Putra yang berhasil mengembangkan Keuangan Mikro di Desa Ciseeng, Bogor. Meskipun pria 25 tahun ini sudah memiliki segalanya , hidup nyaman sebagai eksekutif muda dan bekerja di sebuah perusahaan multinasional dengan gaji yang lebih dari lumayan, namun ia merasa prihatin dengan kondisi serta kesulitan banyak orang untuk dapat mengakses bantuan keuangan. Akhirnya pada 2009, Andi banting setir meninggalkan pekerjaanya dan mendirikan lembaga keuangan mikro, Amartha Microfinance. “Dipekerjaan sebelumnya saya merasa hidup seperti tak memiliki arti, hidup justru akan bermakna apabila dapat berbagi dengan orang lain”, ujarnya.

Juga Amilia, seorang gadis remaja yang berusia 15 tahun, meskipun ia masih duduk di bangku SMP di Bandung. Namun ia sangat peka akan kondisi lingkungan di sekitarnya yang terlihat cukup memprihatinkan dengan banyaknya sampah. Dari kondisi memprihatinkan tersebut Amilia membuat program pengelolaan limbah sampah. Amilia yang sekarang dikenal dengan julukan “Ratu Sampah” mengaku sangat senang programnya menjadi sorotan sejak terpilih sebagai penerima Satu Indonesia Award 2010 lalu. “Sekarang jadi banyak sekolah yang berminat mengembangkan program pengelolaan limbah jadi produk yang keren, seperti tas, baju, map. Pokoknya banyak”, kata gadis penyuka buku Laskar Pelangi ini.

Banyak hal yang dikemukakan dan disambut dengan dialog interaktif seperti talkshow di kegiatan ini, suasana terasa makin hangat ketika peserta yang hadir ikut mengemukakan kegiatan komunitas mereka beserta harapan untuk keberlanjutan kegiatan mereka dalam membangun lingkungan disekitarnya. Astra pun menyambutnya dengan kembali membuka pendaftaran dan penjaringan peserta SATU Indonesia Award 2012 mulai 28 Maret 2012 hingga 28 Agustus 2012, setelah itu peserta yang terpilih akan diseleksi melalui tahap penjurian hingga terpilih 5 kandidat penerima penghargaan.

Dengan persyaratan generasi muda berusia 20 s/d 35 tahun memiliki ide (motif) serta jangkauan berkesinambungan dalam melakukan perubahan untuk Indonesia. Untuk penerima penghargaan Satu Indonesia Award akan diberikan bantuan dana sebesar 55 juta dan pembinaan kegiatan oleh PT. Astra International Tbk, pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012 mendatang.

“Harapan saya orang-orang muda ini bisa diapresiasi dan diperkenalkan ke wilayah yang lebih luas agar bisa menginspirasi anak-anak bangsa lainnya, karena berbuat baik itu addicted “, tutup Tri Mumpuni Wiyatno yang merupakan Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan ini diakhir acara.


(Foto by : Hendra Miqhael Aquan)
http://www.majalahinspirasi.net/2012/04/satu-semangat-membangun-negeri-bersama.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar