Sabtu, 14 Januari 2012

MEREKA TERANCAM PUNAH

Ria Saryanthi, Conservation Programme Manager Burung Indonesia, mengatakan bahwa kerusakan hutan telah mengganggu ekosistem alam yang tertata dan mengancam kehidupan manusia.

Bayangkan, 40 juta penduduk Indonesia bergantung secara langsung pada sumber daya hutan (kayu, rotan, kayu bakar) ditambah lagi jutaan penduduk lain yang mendapatkan manfaat secara tidak langsung.

Sumatra dan Kalimantan adalah wilayah yang hutannya mendapatkan tekanan paling berat. Bahkan sejak tahun 1990, tutupan hutan dataran rendah Sumatra dan Kalimantan berkurang hingga 41%.

Itu masalah serius. Jika lahan hutan semakin terkikis habis, begitu juga dengan makhluk hidup yang ada di dalamnya, termasuk spesies burung. Sekitar 50% jenis burung di dunia terancam punah, termasuk di Indonesia.

Jenis-jenis burung yang terancam punah antara lain merpati hutan (Columba sp.), uncal (Macropygia sp.), delimukan (Chalcopaps sp.dan Gallicolumba sp.) pergam (Ducula sp.), dan walik (Ptilinopus sp.), keluarga merpati yang memiliki ketergantungan sangat tinggi dengan habitat hutan. Setidaknya ada 122 jenis burung terancam punah di Indonesia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar